SERI 10 Best Practice Ala Bu Amiroh (PUBLIC SPEAKING)

Materi belajar menulis,malam ini yang menjadi Narasumbernya yaitu : Ibu Amiroh,S.Kom,M.Kom. Beliau adalah Seorang Ibu Guru SMK Negeri 3 Jombang.Ibu ini memiliki paras cantik dan segudang Prestasi sampai ke Manca Negara.Prestasinya tidak bisa di Jabarkan semua saking banyaknya,padahal usia beliau masih muda dan Enerjik.

Menurut Wikipedia bahasa Indonesia ,Best Practice merupakan Praktik terbaik (Bahasa Inggris: best practice) dapat di artikan sebagai suatu cara paling efisien dan efektif untuk menyelesaikan suatu tugas, berdasarkan suatu prosedur yang dapat diulangi yang telah terbukti manjur dan ampuh untuk banyak orang dalam jangka waktu yang cukup lama. Istilah ini juga sering digunakan untuk menjelaskan proses pengembangan suatu cara standar untuk melakukan suatu hal yang dapat digunakan oleh berbagai organisasi misalnya dalam bidang manajemen, kebijakan, atau sistem perangkat lunak. 

Dalam dunia pedidikan, praktik terbaik merupakaan salah satu jenis KTI yang bisa dibuat oleh pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) untuk mengembangkan profesinya. Praktik terbaik menceritakan kisah sukses ataau pengalaman terbaik kreativitas dan inovasi PTK dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam meningkatkan mutu layanan pendidikann di satuan pendidikan sehingga dapat mencapai prestasi yang diharapkan. Praktik terbaik tidak selalu identik dengan langkah yang besar dan “revolusioner” yang dilakukan oleh PTK dalam menyelesaikan masalah, tetapi bisa juga melalui sebuah langkah kecil, penerapan alternatif-alternatif pemecahan masalah yang sederhana, tetapi efektif dan dampaknya terasa dalam peningkatan kualitas pelayanan pendidikan di satuan pendidikan.

Masalah yang ditemukan di lapangan dicari solusinya secara taktis dan praktis. Bagi guru bisa berkaitan dengan penggunaan media dan alat peraga, strategi, model pembelajaran tertentu yang inovatif sedangkan bagi kepala sekolah bisa berkaitan dengan penyelenggaraan program pelatihann, workshop, pembiasaan, pembuatan kebijakan dan peraturan, pembuatan sarana dan prasarana tertentu dan sebagainya.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa best practice atau praktik terbaik adalah pengalaman terbaik atau kisah keberhasilan yang ditulis oleh pendidik dan tenaga kependidikan (guru, kepala sekolah, atau pengawas) untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam melaksanakan tugasnya di lapangan secara kreatif, inovatif, praktis, memiliki nilai kebaruan yang berdampak terhadap meningkatnya mutu layanan pendidikan yang diberikannya kepada pelanggan.Selanjutnya

Ciri-ciri Best Practice :1).Mengembangkan cara baru daan inovatif dalam penyelesaian masalah pendidikan,2).Membawa perubahan atau hasil yang signifikan.3).Mampumengatasi persoalan secara berkelanjutan.4).Mampu menjadi model atau inspirasi bagi guru lain.5.Cara dan metode yang dilakukan bersifat ekonomis dan efisien.

Sedangkan Prinsip-prinsip menulis praktik terbaik (Best Practice ) : a).Prinsip APIK (asli, perlu, ilmiah, dan konsisten).b).Prinsip kreatif. inovatif, dan kebaruan.c).Prinsip perbaikan mutu berkelanjutan.d).Prinsip integritas.

Lalu Tujuan menulis praktik terbaik (Best Practice ) :.1).Menyelesaikan masalah pendidikan.2).Membangun kepekaaan dan kemampuan berpikir kritis.3).Menciptakan inovasi dan mutu layanan 8 standar pendidikan.4).Membangun kemampuan PTK dalam menyusun penyelesaian masalah secara logis dan sistematis.

IBU Amiroh ini mengembangkan media pembelajaran saat mengajar siswanya.Saat mengajar,membimbing siswa di kelas.Ia juga gunakan media.Selain siswa Beliau juga membimbing guru di sekolah atau di luar sekolah.Hal seperti itu yang menjadi dasar atau bahan portofolio yang sangat menarik. jika Fortofolio di jadikan persentasi,Nilainya sangat tinggi di ajang pemilihan guru berprestasi.

Prestasi yang pernah beliau raih mulai dari Tahun 2011 awal menjadi PNS sampai tahun 2009,ketika seleksi guru berprestasi dilaksanakan.beliau menunjukkan bagaimana prestasi itu bisa raih.Menurutnya Perestasi itu setidaknya dapat menunjang karir seorang guru.selain  jenjang karir juga secara finansial maupun secara pengalaman. seperti tahun 2019 ini adalah puncak puncak prestasi beliau.

Bu Amiroh menjadi guru berprestasi tingkat nasional untuk jenjang SMK.Saat itu yang beliau ikutkan adalah “peningkatan keterampilan siswa SMK Negeri 3 Jombang dalam menciptakan aplikasi berbasis Augmented Reality melalui kelas ekonomi berbasis”.Itulah  adalah judul best practice beliau.Memang kalau mau ikut guru berprestasi harus membuat deskripsi dan juga video pembelajaran.Lalu beliau mendapat hadiah Notebook,kemudian mendapat reward.Selanjutnya  mendapatkan piagam penghargaan yang ditanda tangani oleh Bapak Kemendikbud,yang saat itu di jabat oleh Bapak Prof.DR Muhajir Effendi.Selain piagam kemudian beliau juga mendapatkan uang pembinaan dan laptop.kemudian selain itu juga berkesempatan training, kegiatan training tersebut di Jerman.

Alhamdulillah Bu Amiroh juga meraih Guru prestasi tingkat nasional untuk jenjang SMK.Sebelumnya beliau juga Pada Tahun 2017 pernah mendapatkan penghargaan sebagai juara 1 membuat bahan ajar berbasis TIk yaitu membatik Oleh pustekkom. Waktu itu karya beliau adalah media pembelajaran interaktif pintar jaringan untuk kelas 10 sekolah menengah kejuruan.Karya Bu Amiroh yang waktu itu menjadi juara 1 diunggah di rumah belajar Kemdikbud dan menjadi acuan bagi guru-guru dan siswa di seluruh Indonesia.waaah Hebat buakan ?

untuk belajar tentang jaringan kemudian salah satu yang penghargaan tingkat internasional adalah hak the classroom.Ini adalah event yang diadakan oleh Microsoft di budapest Hungaria Waktu itu beliau menjadi pemenang salah satu ajang” Microsoft Word Microsoft budapest Hungaria”.ini adalah salah satu penghargaan tingkat internasional yang beliau raih..

Sedang Tingkat Nasional Bu Amiroh Dipilih Blogg yang paling kreatif inovatif dan bermanfaat untuk pendidikan untuk mengajar di kelas untuk siswa ataupun guru.

Nah untuk tingkat nasional,salah satu dari pemenang waktu itu dipilih 33 orang dan beliau salah satu pemenangnya tahun 2012.Dengan jujur beliau utarakan kalau tahun sebelumnya Om Jay.Bu Amiroh generasi setelah om Jaya.Masih banyak prestasi yang mungkin tidak akan beliau sampaikan satu persatu,tetapi perlu ketahui bahwa semua prestasi yang raih,tidak bisa diperoleh secara instan,Tetapi perlu persiapan secara matang.

Menurut Bu Amiroh Mengingatkan,Nilai yang paling besar adalah nilai Fortofolio untuk Lomba Guru Prestasi.Karena dari portofolio itu dewan juri mengetahui track record Guru tersebut.Kalau Best Practice bisa di buat kapan saja dan bisa dadakan.Tetapi tidak bisa dibohongi dengan Portofolio orang ini atau guru ini track recordnya Bagaimana ? prestasinya bagaimana ?itu yang yang paling tinggi Kalau menurut beliau nilainya persentasenya yang paling banyak penulisan portofolio itu sudah ada formatnya sendiri setiap ada ajang guru Prestasi.

Ada pun Portofolio guru terdiri atas 10 komponen, yaitu: (1) kualifikasi akademik, (2) pendidikan dan pelatihan, (3) pengalaman mengajar, (4) perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, (5) penilaian dari atasan dan pengawas, (6) prestasi akademik, (7) karya pengembangan profesi, (8) keikutsertaan dalam forum ilmiah, (9) pengalaman organisasi di bidang kependidikan dan sosial, dan (10) penghargaan yang relevan dengan bidang pendidikan.

TIPS MENJADI GURU BERPRESTASI

Wah malam ini terasa pikiran kagum yang amat dalam, bagaimana bisa seinovatif Bu Amiroh ?Mungkin kalau bagi saya itu hanyalah mimpi,tetapi kadang-kadang kesuksesan berawal dari mimpi seketika kita bangun atau terjaga kita akan berusaha mengejarnya.Asalkan Mimpinya jangan kepanjangan.ha..ha..mungkin sampai di sini duluh rangkuman materi dari Ibu Amiroh yang dapat saya simpulkan.

Salam Literasi

Usman Alamsyah

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s