Seri 11 Tips Public Speaking Ala Mufid

Narasumber belajar Public Speaking adalah Masruhan Mufid, S.Pd, M.Kom.Beliau Lahir di Banyumas, 13 Februari.Seorang Pendidik / Trainer / Influencer / Youtuber.PENGALAMAN MENGAJAR :Guru Matematika di SMK Negeri 7 Semarang ( Sekarang),Dosen di Fakultas MIPA-TI Univ PGRI Semarang (2016 – 2018).PENDIDIKAN ORGANISASI minat di bidang Pendidikan dan Teknologi,.Tergabung dalam beberapa Organisasi Keguruan skala Nasional, Sangat antusias dalam peningkatan mutu Pendidikan terutama teknologi Pendidikan.Mengajar Matematika Komputasional ,Thinking dan media Pembelajran.Ikut berperan di Seameo Seamolec Indonesia.Menjadi Instruktur di banyak kegiatan online Pendidikan.Founder “Semarang Digital Class”Menjadi trainer di Kegiatan Pelatihan online dan Oflline Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.Fasiliator di BPTIK Provinsi Jawa Tengah.Tim Casio Education Indonesia.Pegiat Internet sehat,Ketua Relawan TIK Jawa Tengah.

Menurut Mufid,Public speaking adalah kegiatan komunikasi lisan yang dilakukandi muka umum atau au dihadapan sekelompok orang.

Action 

Mau ngapain ??

Kita mulai di berisikan hal-hal yang akan kita lakukan

Tips public speaking ? Ala Mufid

Pertama

Kenali tujuan dan audiens dengan baik

Siapa saja audiens kita?Presentasi dikemas untuk ditampilkan di hadapan audiens. Audiens yang tertentu. Mereka spesifik dan berbeda-beda pada setiap presentasi.

Mengenali siapa audiens Anda – yaitu orang-orang yang akan datang untuk melihat dan mendengarkan Anda – akan membantu kita memahami bagaimana mereka mencerna informasi, dan apa yang ingin mereka dengar dari sebuah presentasi. Keuntungannya? Anda bisa melakukan penyesuaian agar presentasi Anda mampu mempengaruhi audiens dengan efektif.Jika kita melihat 3 komponen yang saling terkait dalam sebuah presentasi, salah satu kunci penting presentasi adalah audiens. Anda tampil memberikan presentasi dan menciptakan sebuah proses komunikasi, adalah untuk mereka.

Mengenal Audiens Sangat Penting ?Tak kenal maka tak sayang, kata orang. Bagaimana memahami dan memberikan apa yang audiens inginkan jika Anda tak mengenal siapa mereka? Ketika Anda tidak tahu sudut pandang apa yang mereka gunakan ketika mendengarkan Anda, proses komunikasi tidak akan terjalin.

Anda kesulitan untuk menyambungkan diri dengan mereka, dan mereka kesulitan untuk memahami Anda.Ini berujung pada frustrasi: Anda frustrasi karena tidak bisa membuat mereka mengerti, dan mereka pun frustrasi karena kesulitan memahami Anda.Sebaliknya jika Anda mengenal audiens dengan baik. Presentasi yang Anda bawakan menjadi mudah, karena Anda tahu betul apa yang mereka inginkan. Anda dapat menentukan mana informasi yang harus disampaikan dan mana yang tidak perlu. Meyakinkan audiens pun menjadi jauh lebih mudah, karena Anda mengerti faktor apa yang mempengaruhi mereka dalam mengambil tindakan.

Mengenal audiens bukan sebatas mengetahui bahwa mereka adalah atasan Anda, rekan kerja, mahasiswa, atau masyarakat umum. Mengenal audiens mencakup mengenal nama, posisi mereka dalam organisasi, keputusan apa yang biasa mereka ambil, dan apa yang mereka butuhkan dari presentasi Anda. Tak kalah penting, mengapa mereka datang untuk menyaksikan presenta

Kedua

Susun poin-poin penting yang ingin disampaikan

Poin penting adalah draft atau catatan kecil dalam bentuk ringkasan.Selanjutnya, kamu bisa mulai menyusun materi yang ingin disampaikan. Mungkin ada banyak hal yang ingin kamu sampaikan, tapi karena ada durasi waktu, kamu harus menyortir materimu. Pilih poin-poin penting yang ingin disampaikan sebagai bahan panduanmu dan juga agar pembicaraanmu tidak melebar ke mana-mana. Kamu bisa membuat outline naskah public speaking-mu seperti menyusun outline untuk esai.

Ketiga

Persiapkan alat bantu jika diperlukan

Jika kamu ingin dan situasinya memungkinkan, kamu juga bisa menyiapkan alat bantu seperti slides presentasi untuk menampilkan gambar atau cue card yang berisi poin-poin yang akan kamu bahas. Tapi, kamu harus tetap ingat bahwa alat bantu ini sifatnya hanya sebagai penunjang. Jangan menulis terlalu banyak kata di dalam slides presentasimu agar fokus audiens tidak terpecah antara membaca tulisan di slides atau mendengarkan presentasimu

Keempat

Kuasai materi dengan berlatih terus menerus

Practice makes perfect. Ini dia poin terpenting agar public speaking-mu berjalan dengan lancar. Kalau kamu sudah selesai mempersiapkan materi dan alat bantu, kini adalah saatnya berlatih. Latihan tidak cukup hanya dilakukan sekali atau dua kali, tapi harus berkali-kali hingga kamu sudah benar-benar lancar. Kamu bisa meminta satu orang temanmu untuk menonton latihan ini agar ia bisa memberikanmu komentar dan saran.

Misalkan guru matematika disuruh ngomong tentang matematika otomatis Tidak masalah karena memang bidangnya

Guru fisika bicara tentang fisika jadi tidak masalah menurut bidangnya.Jangan banggakan perestasi masa lalu kita belajar terus menerus

Kelima

Perhatikan aspek non verbal

Aspek nonverbal inilah yang membantu memberikan konteks pada kata-kata yang diucapkan. Aspek tersebut biasa disebut dengan paralanguage. Nada, kecepatan, hingga volume bicara termasuk di dalamnya. Aspek non-verbal ini memberikan konteks pada kata yang diucapkan.

Latihanlah seakan-akan kamu sudah berada di atas panggung atau di depan banyak orang. Jadi, jangan hanya terpaku pada materi kamu saja, ya. Ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan, seperti volume suaramu, intonasi, tempo, kontak matamu dengan audiens, hingga posisi berdiri. Berlatihlah di depan cermin agar kamu bisa melihat dirimu sendiri saat sedang melakukan public speaking. Selain itu, kamu juga bisa merekam latihanmu ini sebagai bahan evaluasi diri sendiri.

Perhatikan aspek non verbal ini juga salah satu poin penting aspek non verbal itu Contohnya apa aspek non nonverbal itu salah satunya jalan gestur bahasa tubuh bahasa mulut mimik.

Keenam

Be Confident(Percaya Diri)

kepercayaan diri sebagai suatu sikap atau keyakinan atas kemampuan diri sendiri, sehingga dalam tindakan-tindakannya tidak terlalu cemas, merasa bebas untuk melakukan hal-hal yang sesuai dengan keinginan dan tanggung jawab atas perbuatannya, sopan dalam tindakan.

Kini saatmu untuk tampil! Kamu sudah menguasai materimu dengan baik, sudah berlatih berulang kali, tapi masih juga merasa gugup sesaat sebelum tampil. Jangan khawatir, karena hal ini wajar terjadi, kok. Yang perlu kamu lakukan adalah mencoba untuk rileks dengan mengambil nafas panjang lalu hembuskan. Kemudian, saat sudah berada di depan banyak orang, kunci utamanya adalah percaya dengan kemampuan diri sendiri! Kamu sudah mempersiapkan segalanya, jadi apa lagi yang perlu kamu takuti? Semuanya pasti akan berjalan dengan baik!

Be Confident jadilah diri sendiri atau percaya pada diri,Kenali diri kalian masing-masing kalau orang Indonesia bilang “PD”.

Itu tips-tips seputar public speaking yang di terapkan. Sama seperti kemampuan lainnya, kamu pasti bisa jago public speaking jika sudah berlatih dan melakukannya berulang kali.Jadi, kalau misalnya percobaan pertamamu belum begitu lancar, jangan khawatir! Kamu pasti akan semakin baik di kesempatan – kesempatan berikutnya hingga bisa menjadi seorang ahli. Terus semangat.

Menurut saya sangat menarik materi Public speaking malam ini.Intinya  : Kenali tujuan dan audiens dengan baik,Susun poin-poin penting yang ingin disampaikan,Persiapkan alat bantu jika diperlukan, Kuasai materi dengan berlatih terus menerus,Perhatikan aspek non verbal,Be Confident(Percaya Diri).Itu Tips Public speaking Ala Masruhan Mufid.

Salam Literasi

Usman Alamsyah

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s